PENGERTIAN GLOBALISASI

 1. PENGERTIAN GLOBALISASI DAN DAMPAKNYA

•>Globalisasi menurut Anthony Giddens adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia yang terhubung antara peristiwa satu lokasi dengan lokasi lainnya yang menyebabkan perubahan pada keduanya.

•>Dampak positif globalisasi antara lain, berkembangnya pengetahuan dan teknologi, mempertinggi pandangan hidup kerja, sampai arus ekonomi yg semakin tinggi.

Sedangkan dampak negatif globalisasi merupakan terjadinya kesenjangan sosial, hingga pola hayati konsumtif, tentu menjadi faktor yang merugikan.

2. KARAKTERISTIK GLOBALISASI 

Menurut Cohen dan Kennedy karakteristik globalisasi adalah:

1. Meningkatnya Masalah Bersama

Meningkatnya masalah bersama, seperti penyebaran virus penyakit yang terbawa dari orang-orang migrasi, hutang luar negeri, dan pola-pola kejahatan internasional. Penyebaran virus seperti yang sekarang sedang melanda dunia di mana Covid-19 yang berasal dari Wuhan China kini sudah menyebar kemana- mana.

2. Meningkatynya Interaksi Kultural Antar Negara

Meningkatnya interaksi kultural antar negara melalui media massa dan internet. Beberapa waktu lalu sebuah stasiun tv swasta lokal membuat sebuah ajang pencarian bakat antar negara se asia tenggara. Melalui acara ini kita jadi tahu seperti apa penyanyi luar negeri dan juga terjadi kita melihat budaya mereka.

3. Setiap Negara Saling Ketergantungan dalam Bidang Ekonomi

Negara-negara di dunia memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi karena pasar dan produksi ekonomi. Kegiatan perekonomian yang dilaksanakan secara global mendorong lahirnya organisasi World Trade Organization, pengawas pelaksanaan ekonomi perdagangan internasional.

4.Terjadinya Perdagangan Antar Negara

Sumber daya alam yang dimiliki suatu negara belum tentu dimiliki negara lain. Maka untuk saling memenuhi kebutuhan terjadi proses perdagangan antar negara. Proses Import dan eksport tak bisa dihindarkan lagi. Terjadilah perekonomian internasional.

5. Perubahan Konsep Ruang dan Waktu ini

Perubahan dalam konsep ruang dan waktu, dimana batas teritorial negara semakin memudar karena mudahnya migrasi penduduk. Seperti yang kita tahu, sekarang Singapura atau Malaysia jadi salah satu negara tujuan wisata Indonesia. Dengan banyak tersedianya maskapai penerbangan yang mumpuni dan terjangkau, kedua negara tersebut seperti dekat jaraknya dengan Indonesia. Konon banyak yang sudah terbiasa bolak-balik ke sana seperti dekat saja

MANFAAT GLOBALISASI

1. Bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dari berbagai media

2. Memudahkan komunikasi penyebaran informasi 

3. Masyarakat menjadi lebih terbuka dan modern

4. Wawasan budaya semakin luas

5. Memudahkan akses pengetahuan baru

BENTUK BENTUK GLOBALISASI

1. Globalisasi di bidang IPTEK

Contoh globalisasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi alias IPTEK, yaitu munculnya internet, sehingga semua informasi dapat diakses oleh banyak orang dan dalam waktu cepat.

2. Globalisasi di bidang ekonomi

Contoh globalisasi di bidang ekonomi adalah munculnya perdagangan internasional antar negara dan waralaba internasional, sehingga toko-toko di luar negeri bisa membuka cabang di Indonesia.

Begitu juga dengan e-commerce atau marketplace di berbagai negara yang menerapkan perdagangan bebas, sehingga konsumen bisa mendapat barang-barang dari berbagai negara di dunia.

3. Globalisasi di bidang komunikasi

Contoh globalisasi di bidang komunikasi adalah munculnya handphone dengan fitur-fitur yang semakin canggih, tidak hanya ada internet namun juga dapat mengakses email, sosial media, berbagi dokumen digital, dan lainnya.

4. Globalisasi di bidang transportasi

Contoh globalisasi di bidang transportasi adalah munculnya berbagai jenis transportasi, mulai dari darat, laut, sampai udara. Dulu, orang harus berjalan kaki untuk menuju desa tetangga, kini bisa menggunakan motor dan mobil.

Mobil pun tidak hanya yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM), namun sudah menjadi mobil listrik. Begitu pula dengan transportasi publik yang semakin canggih, seperti MRT dan LRT.

5. Globalisasi di bidang budaya

Contoh globalisasi di bidang budaya adalah bercampurnya berbagai kebudayaan dari seluruh negara di dunia. Misalnya kini budaya K-Pop tak hanya digandrungi oleh remaja Korea Selatan, namun juga anak muda di Indonesia.

Batik dari Indonesia pun tak hanya diminati oleh orang asli Indonesia, namun juga masyarakat di negara tetangga. Contoh lain, tren makeup di suatu negara bisa cepat mendunia.

Demikian penjelasan mengenai apa itu globalisasi beserta karakteristik, penyebab, hingga bentuknya. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer